Halaman Muka

Sabtu, 21 April 2012

Mengenal Medical Representative

Orang awam biasanya belum mengetahui profesi yang satu ini. Orang awam biasanya tahu hanya sekilas dan menyebutnya "tukang obat" yang biasanya bergerombol di rumah sakit ataupun apotek. Padahal karena merekalah Dokter dan paramedis dapat  mendapatkan informasi terbaru mengenai obat, cara pengobatan, teknik pengobatan, maupun alat kesehatan yang bisa menunjang keahlian Dokter dan paramedis. 
   
Medical Representative dapat didefinisikan sebagai duta perusahaan / seseorang yang dipercaya untuk mewakili perusahaan guna mempromosikan produk secara professional, kredibel, dan berintegritas.

Istilah lainnya adalah Detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang Medical Representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya.
        
Medical Representative atau Detailer ini  dibutuhkan oleh perusahaan farmasi sebagai perpanjangan tangan agar produknya diketahui oleh Dokter dan paramedis. Produk yang ditawarkan adalah produk yang memerlukan resep agar bisa dikonsumsi oleh pasien. Biasanya produk tersebut memiliki tanda khusus, yakni Red Dot, yakni tanda lingkaran merah yang berarti tidak dijual bebas dan memerlukan resep Dokter.

Syarat untuk menjadi seorang Medical Representative  relatif mudah, biasanya perusahaan farmasi hanya mensyaratkan hal-hal sebagai berikut:
  1. lulusan D3 atau S1 dari segala jurusan, namun jurusan eksakta biasanya jauh lebih disukai (meskipun ada beberapa perusahaan dalam negeri yang mau menerima lulusan SMU) 
  2. usia maksimal 27 tahun (untuk fresh graduate, dan maksimal 30 tahun untuk yang telah berpengalaman)
  3. mau ditempatkan di seluruh Indonesia
  4. memiliki SIM C , karena kendaraan operasionalnya adalah sepeda motor
  5. memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, penuh semangat dan antusiasme tinggi 
  6. Enerjik, memiliki semangat maju, mampu bekerja dibawah tekanan dan memenuhi target serta mampu bekerja di dalam team.
Dan yang pasti ada jenjang karir yang menarik dan menantang bila dijalani dengan tekun dan smart. Dan tentu saja pendapatan pun meningkat seiring jenjang karir yang diraih selain bonus dan komisi. Anda berminat.....

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...